Monday, December 17, 2012

PELAJARAN VII



ADJECTIVE (1)
A.    Pengertian

Adjective dalam bahasa kita disebut kata sifat. Untuk menentukan apakah sebuah kata termasuk kata sifat atau bukan, you dapat menempuh beberapa cara antara lain :
-          kata tersebut bisa diberi kata “ yang …”, misal : besar, bisa diberi tambahan kata “yang,” sehingga menjadi “yang besar.” Dengan demikian kata “besar” termasuk adjective atau kata sifat.
Mungkinkah kita mengatakan “ yang pohon ?” 
Tidak mungkin bukan ?  Ya,  memang kata “pohon” bukan termasuk adjective.



-          Sebagian besar  adjective  bisa diberi tambahan kata yang menunjukkan komparasi atau perbandingan, sebagai contoh  komparasi adalah kata “lebih.” Bisakah kita mengatakan “lebih  bagus”  ? Bisa, berarti kata “bagus” termasuk juga ke dalam adjective.
Tentu kita tidak akan pernah menjumpai orang mengatakan “ lebih mobil,” karena kata “mobil” memang tidaklah termasuk adjective.
-          Ke dua ciri yang kami sampaikan di atas sebenarnya hanyalah merupakan pertolongan saja khususnya bagi you yang selama ini mungkin merasa kesulitan untuk  menegetahui serta  memahami adjective. Tentu apa yang disampaikan di atas barusan hanyalah merupakan  ciri secara umum.  Prinsipnya, apabila satu kata bisa diberi salah satu ciri saja, kata itu pasti merupakan adjective. Pada bab-bab mendatang you akan belajar lebih jauh mengenai adjective ini.
Untuk tahap awal, sementara cukup sampai di sini. 

B.     Posisi Adjective di dalam kalimat

1.Sebagai predikat dalam suatu kalimat.
Adjective bisa berposisi sebagai predikat suatu kalimat. Hal ini sudah you pelajari ketika kita membicarakan tentang kalimat nominal.  Masih ingat kan ? Kalau perlu you buka lagi bab tersebut.  Inilah beberapa conoth :
-          You are late.
-          She won’t be upset.
-          I am hungry.
-          They must be sleepy.
Kata-kata : late, upset, hungry , dan sleepy adalah adjective.
             2.Menyertai kata benda.
Adjective juga bisa menyertai kata benda. You akan melihat bahwa apabila ada adjective menyertai kata benda atau Noun, penulisannnya dalam bahasa Inggris akan mempunyai cara yang berbeda dengan bahasa kita. Inilah yang pada bagian terdahulu sering kami katakan  sebagai hukum MD. Untuk lebih jelasnya  you perhatikan lagi :
-          We have a new friend.
-          Amri likes the old car.
-          Father   always   wears  the thick jacket  at night.
-          A great hero will always be born .
Frasa atau kelompok kata :
a new friend  (seorang teman baru)
the old car ( mobil tua itu)
the thick jacket (jaket yang tebal itu)
a great hero  ( seorang pahlawan yang hebat) ,
masing-masing memiliki  adjective : new, old, thick, dan great.
Sekarang you baca baik-baik teks berikut ini.  Kata-kata yang underlined termasuk adjective.


 Miqdad is a clever boy. He is also deligent and humble. Unfortunately, his parents are poor. He must work during his spare times or holidays. He does these to earn money for his education and help his parents, of course.

 He wants to study at university after finishing high school. He realizes, it will be expensive. But, he always rememebers a proverb saying : “where there is a will , there will be a way.” And he believes, God will never leave him.

Now, he is joining two private clasess : English and Computer. It is not easy, of course. At the same time, beside working, he has to study hard.   
( taken from students’ note , 1989, gathered by t-Queen, offline)



sebaiknya anda juga membaca ini

No comments:

Post a Comment