Cara Praktis
Mengerjakan Soal Bahasa Inggris (1) :
Menyusun kata-kata
acak menjadi sebuah kalimat bermakna,
atau dalam
peintah soal sering ditulis “arrange ...into a good sentence.”
Banyak siswa
sering mengalami kesulitan ketika harus mengerjakan soal-soal bahasa Inggris
baik untuk ulangan maupun ujian. Umumnya mereka mengeluhkan tentang miminnya
kosa kata yang mereka kuasai. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Kosa kata atau
vocabulary merupakan salah satu unsur kebahasaan yang penting dan selayaknya
kemampuan menguasai kosa kata akan berbanding lurus atau pararel dengan
kelancaran mengerjakan soal. O ya soal dalam hal ini dimaknai sebagai soal
tertulis berbentuk utamanya pilihan ganda atau multiple choice items.
Baiklah,
kali ini akan dibahas mengenai cara praktis mengerjakan soal yang berujud “menyusun
kata acak menjadi sebuah kalimat bermakna,” atau dalam peintah soal sering
ditulis “arrange ...into a good sentence.”
Untuk
mengerjakan
soal semacam ini, mau tak mau, suka tak suka kita akan dibawa kembali
dengan
pembelajaran model grammatical structure, dengan penekanan pada.“form,
meaning,
function.” Kenapa begitu ? Sederhananya, untuk mengerjakan soal-soal
jenis ini
anda harus mengetahui minimal dua unsur pokok pembentuk kalimat. Apa
saja ?
Benar, kedua unsur pokok itu adalah kata benda (subyek/obyek) dan kata
kerja (predikat). Juga perlu dilihat apakah kalimat soal itu
berbentuk statement positif, negatif ataukah pertanyaan.
Perhatikan
contoh-contoh soal berikut ini :
1. came – my – home – when – was –father – cooking – Grandmother
1 2 3 4 5 6 7 8
Jawaban :
a.
8-1-3-4-2-7-5-6
b.
8-7-4-2-6-5-1-3
c. 8-5-3-4-2-6-1-7
d.
8-5-7-4-2-6-1-3
2. morning - can - before – interviewed – or – Guests - be
- night
1 2 3 4 5 6 7 8
Jawaban :
a. 6-2-7-4-3-8-5-1
b.
6-2-8-3-4-1-5-7
c.
6-2-1-4-3-8-7-5
d.
6-2-5-4-7-1-3-8
Ada banyak cara untuk menemukan jawaban yang benar
tentunya. Kali ini kita akan fokus pada unsur-unsur pokok pembentuk kalimat . Pada pembahasan ini justru akan dimulai dari unsur
kata kerja (predikat).
Predikat dapat berupa verb maupun verb group.
Untuk mudahnya simak bagan di bawah ini :
V
|
IV
|
III
|
II
|
I
|
Auxiliary (x)
can,may,must,shall,will,
could,might,had
to, would,should
|
(have)
Have/has,
had
|
(be)
be,is,am,are
was,were
|
(be)
be,is,am,are
was,were
|
a. V
b. V +
ing
c. V3
|
Bentuk dasar tense
V
|
I. a
|
...
simple future , misal : will go , must
come, can reach, dsb
|
IV
|
I.c
|
... perfect tense ( telah ... ), misal : have
gone, has come, dsb .
|
III
|
I.b
|
. continuous (sedang ... ) misal : is writing, was sleeping, dsb
|
II
|
I.c
|
.. passive voice ( di/ter .. ), misal : was written, are painted, dsb
|
Lalu bagaimana bagan itu dapat membantu
menyelesaikan soal ?
Anda tinggal mengurutkan saja V, IV, III, II, I apakah ada dalam soal. Jika V tidak ada,
langsung IV ada atau tidak, begitu seterusnya !
Perhatikan contoh soal di atas :
1. came – my – home – when – was –father – cooking – Grandmother
1 2 3 4 5 6 7 8
Jawaban : |
A.
8-1-3-4-2-7-5-6
B.
8-7-4-2-6-5-1-3
C. 8-5-3-4-2-6-1-7
D.
8-5-7-4-2-6-1-3
Perhatikan :
1. Tidak ada V /auxiliary
(x)
2. Tidak ada
IV / (have)
3. Ada III atau II
(Be) berbentuk was (5 )
4. (Be) dapat diikuti V+ing atau V3. Dalam soal di atas yang ada adalah V+ing yaitu cooking (7)
Jadi, harus ada angka 5-7 dalam jawaban.Jadi pilihannya adalah "D".
Soal berikutnya :
2. morning - can - before – interviewed – or – Guests - be
- night
1 2 3 4 5 6 7 8
Perhatikan :
1. Ada V /auxiliary
(x) yaitu can (angka 2)
2. Tidak ada
IV / (have)
3. Ada III atau II
(Be) yaitu angka 7
4 (Be) diikuti V+ing atau V3. Yang ada adalah V3 yaitu interviewed (4)
Jadi, harus ada angka 2-7-4 dalam pilihan jawaban.
Pilihan jawaban :
A. 6-2-7-4-3-8-5-1
B.
6-2-8-3-4-1-5-7
C.
6-2-1-4-3-8-7-5
D.
6-2-5-4-7-1-3-8
Berarti jawabannya adalah : A.
Pada soal-soal tertentu, dibutuhkan langkah-langkah
lebih lanjut.
sebaiknya anda juga membaca ini
.
No comments:
Post a Comment